Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda!

·

·

Buat kamu yang masih suka keteteran sama banyaknya deadline, atau masih suka nunda-nunda padahal ada banyak tugas yang nunggu kamu buat dikerjain, merapat deh! Tulisan kali ini ada khusus buat kamu. Ada beberapa tips untuk ngatasin permasalahan kamu dari selebriti terkenal yaitu Maudy Ayunda, simak penjelasan lengkap tentang tips manajemen waktu berikut!

Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda!

pic by CNN Indonesia

1. Rincikan Jadwal dan Aktivitas

Kamu bisa merincikan kebiasaan atau hal apa saja yang biasa kamu lakukan di setiap harinya. Kamu bisa menyisihkan kebiasaan atau aktivitas yang nggak begitu berguna dan hanya membuang waktu. Bisa tetap kamu lakukan namun dengan intensitas waktu yang rendah.

2. Tentukan Prioritas Kegiatan

Selanjutnya, untuk bisa menerapkan manajemen waktu yang baik kamu harus bisa menetapkan skala prioritas. Maudy Ayunda memegang prinsip Pareto yang sampai saat ini ia terapkan di kehidupannya. Mulai dari bagaimana 20% kegiatan yang Maudy lakukan dapat menghasilkan 80% feedback yang diperoleh.

Ini menandakan bagaimana pentingnya mengatus skala prioritas. Maudy juga menggunakan teknik Eisenhower Matrix yang bisa bantu kamu untuk mengelompokkan kegiatan. Mana yang perlu kamu lakukan sekarang juga, mana yang perlu kamu jadwalkan, delegasikan, bahkan kamu hapus untuk mencapai hasil dan tujuan yang maksimal.

Teknik ini biasanya dilakukan di setiap minggu atau setiap bulan ketika daftar kegiatan atau aktivitas sudah mulai banyak. Jadi, kamu bisa memilah berbagai kegiatan dengan memikirkan risiko dan waktu yang kamu btuhkan untuk menyelesaikan tugas.

3. Lebih Baik Hindari Multitasking

Bagi Maudy, multitasking akan menggantu produktifitasmu. Nantinya fokusmu akan mudah terpecah karena kamu berpindah tugas dari satu tugas ke tugas lainnya dalam satu waktu, hal ini nantinya akan menjadi nggak efektif. Kamu harus membiasakan untuk melakukan tugas satu per satu, dengan waktu yang efisien.

4. Kategorikan Aktivitas yang Harus Dilakukan

Selain mengerjakan tugas atau kegiatan dengan waktu yang efisien, kamu juga harus mengerjakannya dengan optimal. Kamu bisa pilih dalam daftar kegiatan mana yang harus kamu dahulukan dan utamakan.

Kamu bisa membaginya ke dalam 4 kategori, yang antara lain:

  • Penting dan mendesak: Ini harus kamu lakukan sesegera mungkin. Seperti deadline tugas yang berada di dekat-dekat ini, dsb.
  • Tidak penting tapi mendesak: Kamu bisa mendelegasikannya dan tetap memantau keberlangusngan kegiatan tersebut.
  • Penting tapi tidak mendesak: Kegiatan di ketgori ini bisa kamu jadwalkan.
  • Tidak pentig dan tidak mendesak: Kegiatan yang nggak termasuk ke dalam prioritas bisa kamu kesampingkan dan bisa kamu lakukan dalam waktu yang singkat ssaja sebagai hiburan. Supaya waktumu nggak habis untuk hal yang percuma.

Kamu wajib banget nerapin ke-4 tips manajemen waktu ala Maudy Ayunda ini, dan kasih testinya di kolom komentar, ya! Berhasil atau nggak, nih! Untuk tips lainnya kamu bisa baca di sini.

Referensi :

Chandra, P. (2023). 4 Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda Agar Tetap Produktif. Online. https://www.akurat.co/selebriti/1302416023/4-Tips-Manajemen-Waktu-Ala-Maudy-Ayunda-Agar-Tetap-Produktif[Diakses pada 17 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin