Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini di Tes IELTS Pertamamu!

·

·

International English Language System atau IELTS adalah persyaratan mutlak bagi sebagian besar beasiswa jenjang bachelor, master, hingga PhD di luar negeri, yang mana ini menjadi bukti bahwa kamu bisa dan mampu berbahasa Inggris. Oleh karena itu, IELTS menjadi salah satu elemen penting bahkan prestisius bagi mahasiswa. Buat kamu Sobat Beasiswa, kalau kamu adalah first time test-taker, jangan sampai kamu abai dengan persiapan teknis dan mental sebelum menghadapi tes IELTS pertamamu!

Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini di Tes IELTS Pertamamu!

IELTS
pic by Freepik

1. Terlalu Panik dan Tergesa-Gesa

Ketika ada salah satu pertanyaan yang terlewat, terlebih pada sesi listening, usahakan untuk mengontrol diri supaya tidak terlalu panik. Karena, ketika kamu panik, kemungkinan kamu nggak akan bisa menjawab beberapa soal listening setelahnya.

Jika kamu melewatkan satu soal, kamu harus tetap fokus mendengarkan soal-soal berikutnya. Jangan sampai karena sau soal yang terlewat, soal-soal berikutnya jadi ikut terbengkalai. Tetap ikuti audio listening-nya dan usahakan untuk kembali fokus.

2. Asal Sebut dan Gugup ketika Speaking Test

Berhadapan langsung dengan examiner ketika Speaking Test memang akan terasa sangat menegangkan. Tapi, usahakan untuk nggak asal jawab atau asal ngomong ketika tes. Kamu perlu mengontrol rasa nervous dalam diri kamu, itulah pentingnya nggak hanya mempersiapkan materi untuk tes, tapi juga mempersiapkan mental. Kendalikan dirimu ketika gugup, ya!

3. Pace Membaca Terlalu Lambat Ketika Reading

Ketika sesi Reading di IELTS Test, usahakan untuk nggak membaca teks secara keseluruhan dengan pace yang lambat.  Kamu bisa menggunakan teknik skimming dan scanning daripada harus membaca teks secara keseluruhan. Jangan sampai fokus kamu hanya terbuang pada satu soal, sementara waktu terus berjalan.

4. Terlalu Menggampangkan dan Tidak Memiliki Jadwal Belajar Reguler

Ketika seseorang merasa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, ia cenderung menggampangkan IELTS test ini. Jangan sampai dengan kemampuanmu ini, kamu jadi menyepelekan IELTS, hingga kamu nggak mempersiapkan tesnya sama sekali. Meski kamu telah mumpuni dalam bahasa Inggris, ada baiknya untuk tetap mempersiapkan ujiannya.

Itulah keempat kesalahan yang biasa dilakukan oleh para first time test-takers. Jadi, jangan sampai ini terjadi di kamu juga, ya! Kamu juga bisa baca artikel lainnya di isni.

 

Referensi :

Aulia, Z. (2023). Common Mistakes Saat Pertama Kali Tes IELTS!. Online. https://ieltspresso.com/common-mistakes-saat-pertama-kali-tes-ielts/[Diakses 5 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin