Ini dia, Kebiasaan yang Bikin Otak Jadi Lebih Encer!

·

·

Para Sobat Beasiswa, merapat deh! Kali ini kamu bakal dapet bocoran mengenai cara atau kebiasaan apa saja sih, yang bisa kamu lakukan supaya otak kamu jadi lebih encer? Kalau kamu kepo, simak penjelasan lengkapnya, ya!

Ini dia, Kebiasaan yang Bikin Otak Jadi Lebih Encer!

1. Datangi Tempat Baru

Kalau kamu mengunjungi atau mendatangi tempat baru, akan ada banyak hal baru juga yang kamu lihat dan kamu dapatkan. Kamu bisa melakukannya ketika belajar, kamu bisa mencoba belajar di tempat-tempat baru yang belum pernah kamu datangi. Seperti kafe yang belum pernah kamu datangi atau mengambil rute yang belum pernaha kamu lewati.

Ini bagus banget untuk perkembangan otakmu. Karena mau tidak mau, kamu akan didorong untuk belajar. Belajar memahami rute baru, belajar memesan dengan metode yang belum pernah kamu coba. Selain itu, ketika kamu pergi ke luar negeri, itu juga bisa membantu. Mulai dari mendengar bahasa yang mereka gunakan, adat yang nggak biasa kamu lihat dan ketahui, dan kamu akan belajar terbiasa dengan kehadiran ritme kehidupan yang baru tersebut.

2. Perbanyak Baca dan Menonton Berita

Ini jadi cara paling dasar supaya otakmu terus berkembang. Membaca bisa bantu kamu, karena dengan membaca kamu bisa mengenal kosakata baru, kamu bisa melihat bagaimana penggunaan tata bahasa yang tepat, dan kamu juga bisa menunjukkan bagaimana kalimat ditulis dengan baik.

Ketika menonton berita, di setiap pagi atau malam hari bisa buat otakmu jadi tetap aktif. Bisa mencerna sebuah informasi baru jadi kebiasaan baik yang bisa kamu terapin di kehidupan sehari-hari.

3. Makan Makanan yang Bernutrisi

Nah, makanan juga sangat berpengaruh lho, dalam perkembanagan otakmu. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi bisa mempertajam kemampuan berpikir yang kamu miliki. Karena otka kita akan bekerja lebih baik jika diberi makan dengan lemaka sehata, protein, vitamin, dan antioksidan.

Makanan yang bisa membanti kinerja otak sangat banyak dan beragam pastinya. Mulai dari kacang-kacangan, teh, cokelat, kopi, telur, sayuran hijau, dan lain sebagainya. Teh, cokelat, dan kopi memang sehat, tapi konsumsi dengana kadar yang sewajarnya, ya. Jangan berlebihan!

4. Melatih Memori

Untuk melatih memori, kamu bisa berkenalan dengana orang baru dan coba untuk terus mengulang namanya. Karena pengulangan adalah hal yang paling sederhana untuk melatih memori otak. Aktivitas memori yanag melibatkan semua daerah otak seperti menerima, mengingat, dan berpikir bakal membantu kamu untuk meningkatkan fungsi otak.

5. Meditasi

Percaya nggak, kalau menenangkan diri dan mengontrol pikiran supaya lebih tenak bisa bikin otak kamu jadi lebih fokus? Kamu bisa bermeditasi selama satu sampai lima menit sebagai permulaan. Bisa duduk atau berbaring dengan santai di tempat yang menurutmu nyaman untuk bermeditasi. Kamu nggak harus menutup mata ketika bermeditasi, karena meditasi juga bisa dilakukan jika matamu terbuka. Kamu bisa bernapas senatural mungkin. Jangan biarin hal lain ganggu fokusmu ketika bermeditasi. Kamu harus tetap fokus pada pernafasan ketika bermeditasi.

6. Meningkatkan Intensitas Olahraga

Dari sebuah penelitian, diungkap bahwa orang yang sering berolahraga secara teratur kerap memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding yang jarang melakukan olahraga. Karena berolahraga juga bisa meningkatkan dopamin dan memiliki konsentrasi yang baik dan lebih banyak energi.

7. Bicara dengan Orang yang Menarik

Berbicara dengan banyak orang terlebih orang yang menarik diajak bicara, bakal membuat kolaborasi yang penting untuk kesehatan otak. Karena setiap orang belum tentu memiliki pengalaman hidup dan menafsirkan informasi yang sama. Kita memiliki cara yang unik dan berbeda dalam berpikir.

8. Mengajarkan Pengetahuan Baru pada Orang Lain

Kamu pernah nggak, merasa jadi lebih menguasai informasi atau materi setelah kamu mengajarkannya kepada orang lain? Karena kamu bisa memperkuat otak dengan menciptakan lingkungan belajar yang baru. Nantinya kamu bisa berdiskusi dan hal ini membuat otakmu jadi mengembangkan jaringan baru untuk merumuskan konsep baru yang inovatif. Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi :

Ahmad. (2022). 15 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak agar Lebih Pintar. Online. https://www.gramedia.com/best-seller/meningkatkan-kecerdasan-otak/[Diakses pada 8 Januari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin