Hard Skill yang Harus Kamu Miliki Untuk Menjadi Project Manager?

·

·

Halao, Sob!

Kamu tahu nggak, kalau berkarier di bidang manajemen proyek ini jadi salah satu impian banyak orang? Baik yang fresh graduate maupun yang sudah memiliki banyak pengalaman, banyak yang mendambakan profesi ini. Sebagai project manager, kamu perlu merencanakan dan mengendalikan banyak bidang proyek. Itulah mengapa kamu harus memiliki bekal skill, baik hard skill maupun soft skill. Simak penjelasan lengkapnya, ya! Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

Hard Skill yang Harus Kamu Miliki Untuk Menjadi Project Manager

Jika kamu menjadi project manager, kamu akan bertugas mengelola pekerjaan dengan menerapkan pengetahuan, skill, tools, serta teknik-teknik untuk memenuhi persyaratan proyek. Untuk menjadi project manager, kamu harus menguasai skill project management. Skill ini terbagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill yang antara lain sebagai berikut:

Hard Skill yang Dibutuhkan

1. Metodologi Project Management

Ini merupakan rangakaian proses yang dilakukan untuk menyelesaikan berbagai tugas besar. Dengan menguasai skill ini, kamu bisa terbantu dalam mengatur pekerjaan proyek supaya lebih efektif. Selain itu, metodologi ini juga bisa membuat berbagai tugas lebih terstruktur. Beberapa metodologi project management yang perlu kamu kuasai antara lain seperti agile dan scrum.

2. Kemampuan Teknis

Kamu juga harus bisa paham bidang proyek yang kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga harus memiliki pemahaman praktis tentang project management software. Karena, ini nantinya akan membantu kamu dalam merencanakan proyek, mengatur proyek, komunikasi dengan tim, serta mengelola SDM, anggaran, juga jadwal.

Tools yang perlu kamu kuasai antara lain, JIRA, Microsoft Project, Teamwork, dan lain sebagainya.

3. Manajemen Tim

Di sini kamu juga harus memiliki keterampilan dalam manajemen tim, karena nantinya ini bisa membantu kamu untuk membuat tim bisa bekerja secara produktif. Jadi, kamu harus membekali diri tentang manajemen konflik. Bagaimana kamu bisa membuat setiap orang dalam tim bekerja sama dan bersemangat. Selain itu, kamu juga harus bisa mendelegasikan tanggung jawab secara efektif, melakukan evaluasi kerja, hingga melatih anggota tim dalam meningkatkan skill mereka.

4. Manajemen Waktu

Tugas yang kamu kerjakan sebagai project manager sangatlah banyak. Itulah mengapa kamu harus bisa menyelesaikannya dengan waktu yang singkat. Kamu harus belajar bekerja dengan efisien.

Jika skill time management-mu kurang, maka nantinya proyek yang kamu kerjakan akan tertunda dan bisa menghasilkan hal yang lebih buruk. Jadi, kamu harus bisa mengatur waktu, baik secara pribadi, tim, maupun proyek keseluruhan.

5. Perencanaan Proyek

Skill ini sangat penting untuk kamu miliki, mulai dari mengatur jadwal, sumber daya, hingga pembiayaan. Project planning ini biasanya mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  • Goals
  • Metrik keberhasilan
  • Stakeholder proyek dan perannya
  • Anggaran proyek
  • Timeline
  • Rencana komunikasi proyek

6. Manajemen Tugas

Kamu harus bisa membagi tugas inti menjadi tugas-tugas kecil yang bisa dijalankan oleh tim. Setelah dibagi, kamu perlu memantau pekerjaan yang mereka jalankan. Untuk manajemen tugas ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools, seperti ProofHub dan Asana.

7. Manajemen Anggaran

Selain waktu, tugas, dan tim yang perlu kamu manage, kamu juga harus bisa menguasai manajemen anggaran. Mulai dari bagaimana kamu membuat anggaran yang sesuai, pemanfaatannya. Nantinya kamu akan menyusun anggaran dan kamu harus bisa mengatur dan memutuskan apa saja yang boleh dibelanjakan dan tidak.

8. Manajemen Risiko

Terakhir yaitu, manajemen risiko. Seorang project manager harus memiliki skill sekaligus pengalaman untuk menganalisis masalah yang akan timbul selama proyek dikerjakan. Nggak hanya itu, kamu juga harus bisa menerapkan strategi mitigasi risiko.

Jika sewaktu-waktu, ada suatu hal yang terjadi, kamu harus bisa memikirkan penyelesaiannya. Mulai dari membuat rencana manajemen risiko, hingga mengelola risiko.

Referensi :

Latifatunnisa, H. (2022). 15 Skill Project Manager yang Wajib Kamu Kuasai. Online. https://revou.co/panduan-karir/skill-project-manager[Diakses pada 20 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin