Coba Lakuin Tips Ini, Kalau Mau Dapat Nilai Bagus di TOEFL Test!

·

·

Bagi Sobat Beasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sertifikat keterampilan bahasa jadi salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melengkapai berkas pendaftaran beasiswa. Kamu harus mempersiapkan ini dari jauh hari. Untuk melaksanakan tes TOEFL pun kamu harus memiliki persiapan yang matang, agar uang yang kamu keluarkan untuk tes TOEFL tidak sia-sia dan bisa satu kali percobaan untuk lulus. Simak tips lengkap berikut ini untuk mendapat nilai TOEFL yang bagus!

Coba Lakuin Tips Ini, Kalau Mau Dapat Nilai Bagus di TOEFL Test!

toefl test
pic by Freepik

1. Pelajari Format Ujian TOEFL

Kamu bisa coba pahami struktur dan format dalam soal TOEFL, mulai dari jumlah soal hingga jenis pertanyaan. Jika kamu sudah mencoba memahami model pertanyaannya, kamu akan lebih mudah terbantu dalam mengatur strategi waktu untuk mengerjakannya.

2. Lakukan Tes Simulasi

Kamu bisa melakukan tes simulasi TOEFL, tes ini bisa kamu lakukan supaya mendapat gambaran nyata tipe pertanyaan yang akan keluar dan tingkat kesulitannya. Kamu akan mendapat pengalaman langsung dan mulai terbiasa menghadapi ujian TOEFL yang sebenarnya.

3. Latihan Listening

Dengan melakukan latihan listening, kamu bisa memastikan kemampuan bahasa Inggrismu apakah sudah cukup baik? Latihan listening ini bisa kamu lakukan dengan membiasakan ddiri untuk menonton atau mendengar berita, podcast, hingga wawancara berbahasa Inggris.

Kamu harus fokus pada pemahaman isi, pengenalan kata kunci, hingga artikulasi yang jelas. Kamu juga bisa belajar mendengarkan berbagai aksen bahasa Inggris mulai dari aksen Amerika, British, Kanada, hingga Australia.

4. Tingkatkan Kemampuan Membaca

Kamu bisa meningkatkan kemampuan membacamu dengan membaca artikel berita, ensiklopedia, hingga bacaan fiksi berbahasa Inggris. Latihan ini bisa bantu kamu dalam memahami konten, memperbanyak kosakata, dan kamu bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat.

5. Perbanyak Kosakata

Kamu harus memperbanyak kosakata, hal ini bisa kamu lakukan dengan membaca, mendengar hingga latihan kosakata.

6. Perbanyak Latihan Tata Bahasa atau Grammar

Latihan tata bahasa atau grammar ini juga nggak kalah penting, kamu bisa melakukannya dengan menulis menggunakan tata bahasa yang benar, karena latihan ini nantinya bakal ngebantu kamu untuk mengembangkan kemampuan menulis dengan gaya bahasa yang lebih akademis.

7. Tingkatkan Kemampuan Time Management

Akan selalu ada batas waktu yang kamu perli perhatikan baik-baik di setiap sesi tes TOEFL, kamu harus membiasakan diri untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan efisien.

8. Latihan Komunikasi dalam Bahasa Inggris

Latihan ini akan memudahkan dan meluweskan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa latihan berbicara kepada orang lain. Kamu nggak perlu malu untuk melakukannya, karena ini adalah bagian dari pembelajaran.  Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi :

Ihsan, D. Prastiwi, M. (2023). 8 Tips Lolos Tes TOEFL yang Wajib Diperhatikan Mahasiswa. Online. https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/14/072959671/8-tips-lolos-tes-toefl-yang-wajib-diperhatikan-mahasiswa?page=all[Diakses pada 14 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin