Mau Kuliah di Eropa? Ini Biaya yang Harus Kamu Siapin!

·

·

Yang punya mimpi berkuliah di Eropa siapa nih? Bisa merapat, karena informasi kali ini bakalan berguna banget buat kamu. Untuk kuliah di Eropa pasti ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya pembiayaan. Jadi, ini dia gambaran kisaran biaya yang perlu kamu siapkan untuk melanjutkan kuliah di Eropa!

Mau Kuliah di Eropa? Ini Biaya yang Harus Kamu Siapin!

Biaya Kuliah di Eropa
pic by Freepik

Untuk kamu yang berniat dan bermimpi untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, kamu harus baca tulisan ini supaya mimpimu nggak lenyap karena rasa pesimis. Terutama untuk kamu yang berpikir bahwa berkuliah di luar negeri itu mustahil karena biayanya yang besar.

Kamu harus tahu kisaran biaya kuliah di Eropa yang bisa kamu siapkan dari sekarang, jadi cita-cita yang kamu impikan nggak hanya menjadi angan. Berikut kisaran biaya kuliah di Eropa yang harus kamu ketahui:

1. Austria

Biaya rata-rata kuliah di Austria sekitar 850 US Dollar di setiap semester bagi pelajar internasional untuk semua jenjang, dan biaya hidup yang perlu dikeluarkan selama di sana kurang lebih sebesar 13.350 US Dollar per tahunnya.

2. Belgia

Di Belgia, biaya rata-rata yang perlu kamu keluarkan untuk kuliah kurang lebih sekitar 4.900 US Dollar per tahunnya bagi siswa non-Uni Eropa di semua tingkat studi. Rata-rata biaya hidup yang perlu dikeluarkan di sana sekitar 11,940 hingga 13,350 US Dollar.

3. Prancis

Kalau Prancis adalah negara impian kamu, kamu perlu biaya kuliah sekitar 200 US Dollar di program S1. Jika kamu ingin melanjutkan program S2, biaya yang kamu butuhkan adalah sekitar 280 US Dollar, dan untuk program Doktoral kamu memerlukan biaya sekitar 440 US Dollar di Universitas Negeri.

Untuk biaya hidup yang kamu perlu siapkan selama satu tahun tinggal di Prancis adalah sekitar 11,550 US Dollar.

4. Jerman

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di Jerman, kamu perlu menyiapkan biaya kuliah sekitar 3,500 US Dollar per tahunnya. Untuk biaya hidup yang dibutuhkan selama satu tahun tinggal di sana adalah sekitar 11,900 US Dollar.

5. Spanyol

Untuk negaera yang satu ini, kamu perlu menyiapkan biaya kuliah sebesar 880 hingga 2,450  US Dollar untuk program Sarjana Universitas Negeri, sedangkan untuk program pasca-sarjana sekitar 1,540 hingga 5,050 US Dollar. Biaya hidup yang bisa kamu siapkan untuk satu tahun itu sekitar 12,630 hingga 15,430 US Dollar.

6. Italia

Di Italia, biaya rata-rata yang perlu kamu keluarkan untuk kuliah sekitar 920 hingga 1,100 US Dollar di Universitas Negeri, sedangkan untuk Universitas Swasta sekitar 23,400 US Dollar. Selain itu, biaya hidup rata-rata yang perlu kamu siapkan per tahunnya sekitar 14,000 US Dollar.

7. Norwegia

Biaya kuliah di sana rata-rata gratis untuk seluruh Universitas Negeri. Sedangkan biaya hidupnya, rata-rata mencapai 17,100 US Dollar per tahun. Selain itu, terkadang pelajar dikenai biaya sekotar 37 hingga 74 US Dollar jika ada program-program tertentu.

Setelah melihat kisaran biaya kuliah dan biaya hidup yang perlu kamu siapkan per tahunnya di beberapa negara tersebut, negara mana yang jadi impianmu? Spill di kolom komentar, ya! Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi :

Hardiyanti, N. (2024). Ini Dia Kisaran Biaya Kuliah di Eropa. Online. https://ehef.id/post/ini-dia-kisaran-biaya-kuliah-di-eropa/id[Diakses pada 12 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin