Career Preparation Buat Para Mahasiswa!

·

·

Waktu empat tahun selama kuliah, rasanya sangat disayangkan kalau nggak bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mempersiapkan karier. Fokus berkuliah memang perlu, tapi kamu nggak bisa melupakan realita yang ada. Career preparation jadi salah satu hal yang boleh kamu lupain selama kuliah. Setelah lulus kuliah kamu bakal terus-terusan dapet pertanyaan, udah kerja? Kerja di mana? Jadi apa? Ya, jadi orang lah. Mau jadi apalagi emang, hehehe.

Kalau kamu yang baru masuk kuliah, lagi mempersiapkan pendaftaran kuliah, atau bahkan sudah ada di semester tua, ngga ada kata terlambat untuk kamu bergerak. Jadi, ini dia career preparation yang perlu kamu lakukan selama kuliah. Simak penjelasannya!

Career Preparation Buat Para Mahasiswa!

1. Ulik Minat dan Bakat, serta Peluang Karier yang Sesuai

ulik minat, bakat, dan peluang karier
pic by wayhomestudio on Freepik

Berkuliah di jurusan yang kamu inginkan atau tidak, asal minat dan bakatmu tetap tersalurkan. Jika kamu sudah paham dengan dirimu, kamu bisa cari peluang karier yang sejalan dengan minat dan bakat yang kamu miliki, atau kamu bisa menyebutnya dengan bekerja sesuai dengan passion.

2. Bangun Relasi dengan Teman-Teman di Luar Kelas

pic by tirachardz on Freepik

Banyak yang telah membicarakan hal ini. Hal ini sangat membantu kamu untuk memperluas peluang karier. Karena bisa saja dari mereka kamu bisa mendapat kesempatan bekerja, atau bahkan kesempatan lomba, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kamu dapatkan dari relasimu. Selain memperluas relasi, kamu juga perlu membangun dan jaga hubungan baik dengan mereka.

3. Improve Dirimu di Luar Kampus

pic by partystock on Freepik

Nggak hanya di luar kampus, kamu juga mengembangkan dirimu di luar kampus. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi atau volunteer serta komunitas-komunitas yang bisa membuat dirimu berkembang. Baik dari segi hard skill maupun soft skill.

4. Ikut Konferensi dan Pelatihan Skill/Leadership

pic by Freepik

Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan pelatihan skill, dan konferensi-konferensi besar lainnya. Hal ini sangat membuahkan hasil jika kamu melakukannya dengan serius dan tekun. Karena di sini kamu bisa mempraktikannya langsung dari materi yang kamu dapat. Dengan mengikuti pelatihan skill dan konferensi, kamu bisa mengembangkan dan memperkaya kemampuanmu sekaligus.

5. Magang

pic by Lifestylememory

Ini dia hal yang paling diincar oleh mahasiswa semester tua. Bahkan ada mahasiswa semester muda yang suka berpikir ke arah sini. Sebelum magang kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan skill, agar rekruter bisa mempertimbangkan kemampuan yang kamu miliki.

6. Buat Studi Plan

pic by wayhomestudio on Freepik

Kamu bisa menyiapkan study plan selama kuliah. Hal ini dapat membantu ketepatan waktu masa studimu. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplor lebih jauh dunia perkuliahan. Dengan membuat perencanaan belajar ini, akan ada banyak hal yang bisa kamu capai.

7. Cari Tahu Pihak yang Bekerja Sama dengan Kampus

pic by wayhomestudio on Freepik

Hal ini bisa kamu cari tahu, karena ini sangat bermanfaat untuk pengembangan kariermu. Mulai dari universitas luar negeri yang bekerja sama hingga perusahaan. Jika ke depannya kamu ingin melakukan study abroad atau ingin bekerja di perusahaan tersebut, kamu akan mendapat peluang besar di sana.

Jangan lupa untuk terapkan ketujuh hal ini dalam masa perkuliahanmu, ya! Jika kamu adalah mahasiswa semester tua, atau semester akhir, nggak ada kata terlambat selama kamu mau mencoba. Jadi, kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kamu, siapa lagi? Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi:

Gianov, I. (2022). 8 Persiapan Karier bagi Kamu yang masih Anak Kuliahan. Online. https://glints.com/id/lowongan/persiapan-karier-untuk-anak-kuliahan/[Diakses pada 31 Januari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin