Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pemburu Beasiswa!

·

·

Halo Sobat Beasiswa! Sudah berapa banyak beasiswa yang kamu apply? Dari banyaknya beasiswa yang kamu apply, berapa banyak yang lolos? Kalau masih belum ada yang berhasil satupun, mungkin beberapa kesalahan ini penyebabnya. Simak penjelasan lengkapnya, ya!

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pemburu Beasiswa!

Common mistake scholarship hunters
pic by Freepik

1. Kurang Selektif dalam Memilih Beasiswa

Sebelum mendaftar beasiswa, ada baiknya kamu melakukan survey dan identifikasi programnya terlebih dahulu. Apakah program beasiswa tersebut selaras dengan tujuanmu? Apakah kamu bisa memenuhi seluruh persyaratan yang ada pada program beasiswa tersebut? Karena nggak sedikit pendaftar beasiswa hanya asal mendaftar tanpa mempertimbangkan potensi dan kompetensinya berdasarkan kriteria beasiswa.

2. Tidak Melengkapi Persyaratan Dokumen

Persyaratan dokumen ini merupakan kelengkapan berkas-berkas administrasi. Berkas administrasi in sangat penting karena banyak pendaftar yang gagal karena nggak melengkapi dokumen yang sudah disyaratkan. Maka, kamu perlu melakukan pemeriksaan ulang terhadap berkas-berkas dibutuhkan supaya nggak ada yang terlewat.

3. Belum Mahir dalam Membuat Esai

Nggak sedikit hunter beasiswa yang gagal meraih beasiswa karena belum begitu mahir dalam menulis esai. Resume atau esai ini berisi pengalaman yang paling menonjol dan aktivitas yang pernah dan sedang kamu lakukan, disertai alasan yang kuat untuk mendapatkan beasiswa. Kamu juga bisa belajar menulis esai dengan beberapa tips ini.

4. Tidak Memberi Kesan yang Kuat Saat Wawancara

Ketika wawancara, kamu harus bisa meyakinkan pewawancara bahwa yang telah kamu tulis dalam aplikasi memang sesuai dengan kenyataan. Maka dari itu, tahap wawancara menjadi tahapan yang paling krusial.

5. Kurang Gigih dan Mudah Menyerah

Terakhir, kurangnya semangat dan optimisme dalam meraih beasiswa. Jika kamu mengalami kegagalan di awal, bukan berarti selamanya akan gagal. Jika kamu belajar dari kesalahan sebelumnya dan belajar untuk memperbaiki polanya, kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Jangan menyerah hanya karena persyaratan administrasi yang rumit. Kamu hanya perlu mempersiapkan diri, mulai dari mental, fisik, serta pengetahuan.

Itu dia, 5 kesalahan yang biasa dilakukan oleh para hunter beasiswa. Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi :

Caesaria, S. Adit, A. (2022). 5 Kesalahan yang Bikin Gagal Dapat Beasiswa Terus-Menerus. Online. https://edukasi.kompas.com/read/2022/05/21/083107471/5-kesalahan-yang-bikin-gagal-dapat-beasiswa-terus-menerus?page=all[Diakses pada 3 Maret 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin