Soft Skill yang Harus Kamu Punya untuk Jadi Project Manager!

·

·

Buat kamu yang bercita-cita menjadi project manager, merapat yuk! Kemarin kita sudah bahas tentang hard skill yang dibutuhkan sebagai project manager. Tulisan kali akan mengupas tuntas mengenai soft skill apa saja yang kamu butuhkan untuk menjadi project manager. Simak penjelasan lengkapnya!

Soft Skill yang Harus Kamu Punya untuk Jadi Project Manager!

Soft Skill yang dibutuhkan sebagai Project Manager
pic by our-team on Freepik

1. Communication Skill

Komunikasi menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan di berbagai profesi, terlebih menjadi seorang manager. Dalam mengatur dan mengelola projek, melayani klien, di situlah seorang project manager membutuhkan skill ini. Karena communication skill sangat berguna bagi seorang project manager untuk menyampaikan visi, tujuan, ide, hingga masalah yang tengah terjadi dalam proyek. Selain itu, skill ini juga kamu butuhkan untuk menyampaikan laporan atau bahkan presentasi pada stakeholder hingga eksekutif.

2. Leadership Skill

Seorang kepala, pimpinan, apalagi manager, sangat membutuhkan skill yang satu ini, yaitu leadership. Karena nantinya kamu akan memimpin, mengawasi,  mengoordinasikan segala tugas, hingga memotivasi tim. Nantinya skill ini juga akan membantu kamu untuk mensukseskan proyek.

3. Organizations Skill

Skill ini dapat kamu lihat dari kemampuan kamu dalam mengelola waktu dan tugas dengan cara yang paling efisien. Nantinya, skill ini bakal membantu kamu untuk bekerja dengan lebih terorganisir. Skill ini kamu perlukan untuk memastikan proyek yang sedang kamu kerjakan bersama tim berjalan dengan lancar dan sejalan dengan tujuan awal.

4. Negotiation Skill

Skill dalam bernegosiasi ini sangat kamu perlukan karena nantinya kamu akan menegosiasikan persyaratan yang akan kamu ajukan kepada pemasok, klien, hingga stakeholder lainnya. Skill ini juga nantinya bakal membantu kamu untuk memastikan semua anggota sejalan dengan tujuan.

5. Problem Solving

Problem solving ini akan memungkinkan kamu untuk memiliki pendekatan yang terstruktur dalam memecahkan masalah supaya mencapai hasil yang diinginkan. Mulai ddari mengumpulkan informasi, menimbang pro dan kontra dari berbagai hal yang berkaitan dengan proyek, dan mencari serta merumuskan the best solution.

6. Skill Memotivasi

Menjadi project manager membutuhkan skill ini, supaya bisa membawa tim pada semangat dan motivasi yang tinggi dalam mengerjakan proyek sesuai dengan tenggat waktu. Mulai dari menguatkan, memberi semangat positif, memberi pujian sekaligus mengapresiasi, hingga mengadakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan motivasi tim.

7. Interpersonal Skill

Interpersonal skill kamu butuhkan untuk mengembangkan hubungan baik dengan anggota tim, dan memeliharanya. Nggak hanya kepada anggota tim, tapi juga pada stakeholder dan vendor.

Itu dia, ketujuh soft skill yang harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang project manager. Kamu juga bisa baca artikel lainnya di sini.

 

Referensi :

Latifatunnisa, H. (2022). 15 Skill Project Manager yang Wajib Kamu Kuasai. Onine. https://revou.co/panduan-karir/skill-project-manager[Diakses pada 26 Februari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin