Ini dia, 7 Prioritas Beasiswa LPDP 2024!

·

·

Kenapa Harus Study Abroad?

Halo Sobat Beasiswa! Kamu pasti udah tahu kan, kalau pendaftaran beasiswa LPDP tahap 1 di tahun ini udah dibuka? Seperti yang kita tahu, LPDP saat ini membuka 7 program beasiswa prioritas yang masuk dalam kategori program targeted.

Beasiswa prioritas ini jadi program beasiswa yang memberikan kamu kesempatan mendaftar dua program sekaligus, pada program beasiswa kemitraan/kerja sama LPDP dan pada salah satu program beasiswa afirmasi atau beasiswa targeted atau beasiswa umum dengan tujuan luar negeri. Kamu penasaran apa aja sih, 7 beasiswa prioritas yang dibuka LPDP di tahun ini? Simak penjelasannya, ya!

Ini dia, 7 Prioritas Beasiswa LPDP 2024!

1. Beasiswa Prioritas LPDP – NTU Program MBA

Program beasiswa ini hadir buat WNI yang bekerja di sektor publik untuk menempuh pendidikan Master of Business Administration (MBA) di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Durasi pembiayaan pendidikan yang akan dijalani nantinya paling lama 12 bulan.

2. Beasiswa Prioritas LPDP – NTU Program Doktor

Program ini dibuka khusus untuk pendidikan doktor di NTU Singapura di program studi bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan non-STEM. Nantinya pendidikan kamu akan dibiayai dengan durasi paling lama 48 bulan atau 4 tahun.

Terdapat 20 prodi yang bisa kamu pilih, antara lain Chemical and Biomolecular Engineering, Communication and Informatin, Earth and Environmental Science, dan Public Policy & Global Affairs.

3. Beasiswa Prioritas LPDP – Campus France Program Master

Beasiswa ini menjadi program kemitraan LPDP dengan pemerintah Perancis di jenjang master pada bidang prioritas pembangunan Indonesia sesuai dengana keahlian pengetahuan yang dimiliki Universitas di Perancis. Durasi pendanaannya paling lama 2 tahun atau 24 bulan.

Kalau kamu ingin mendaftar program ini, kamu bisa memilih 52 program studi magister di beberapa kampus di Perancis, seperti Master in Marine Technology – Hydrodynamics for Ocean Engineering di Ecole Centrale de Nantes; Master Cybersecurity di Institut Polytechniqu de Paris, atau yang lainnya.

4. Beasiswa Prioritas LPDP – UC Davis Program Doktor

Program ini menjadi program kerja sama antara LPDP dengan University of California Davis di Amerika Serikat guna mendidik calon Doktor pada bidang pertanian, lingkungan, teknik, dan juga pendidikan.

Kamu akan mendapat pembiayaan dengan durasi maksimal selama 5 tahun atau 50 bulan. Selain itu, terdapat 19 program studi yang tersedia, mulai dari Atmospheric Science, Nutritional Biology, Biological System Engineering, hingga Materials Science and Engineering.

5. Beasiswa Prioritas LPDP – UNSW Program Doktor

Program ini menjadi program kerj sama antara LPDP dengan University of New South Wales di Australia untuk mendidik calon Doktor di bidang energi terbarukan dan inovasi. Studi ini bakal dibiayai dengan waktu maksimal 4 tahun atau 48 bulan.

Program ini menawarkan 32 program studi yang bisa kamu pilih untuk beasiswa ini, yang antara lain ada Biochemistry & Molecular Genetics, Microbiology and Immunology, Physiology & Pharmacology, Information Systems, Technology and Management, serta Art, Design, and Media.

6. Beasiswa Prioritas Diktiristek-LPDP-OKP Program Master

Program ini merupakan beasiswa kerja sama antara Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, LPDP, dan Nuffic Neso Indonesia. Beasiswa ini dkhususkan untuk pendidikan di 34 bidang pada sejumlah universitas di luar negeri, seperti LLM Technology Law and Innovation di University of Groningen, MSc Spatial Planning di Utrecht University, dan masih banyak yang lainnya. Durasi pendanaan program beasiswa ini maksimal 16 bulan atau 1 tahun 4 bulan.

7. Beasiswa Prioritas LPDP – NUS Program Master Bidang Kewirausahaan

Beasiswa ini jadi program kerja sama pendanaan antara LPDP dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise guna mendidik calon pengusaha yang mau meluncurkan usaha baru dan mengembangkan bisnis lewat bimbingan untuk pengembangan bisnis dan akses teknologi yang NUS Enterprise miliki serta peluang jaringana dan akses pasar. Durasi pendanaannya paling ama 1 tahun atau 12 bulan, dan ini sudah termasuk program magang. Pelamar program beasiswa ini wajib melampirkan Rencana Bisnis atau Pengembangan Bisnis berdasarkan format LPDP.

Itu dia, 7 program beasiswa prioritas LPDP yang bisa kamu daftar di tahun ini. Selain itu, kamu juga bisa baca artikel lainnya seputar beasiswa di sini.

 

Referensi :

Mappapa, P. (2024). 7 Beasiswa Prioritasa LPDP, Gandeng Kampus Top Dunia. Online. https://www.detik.com/edu/beasiswa/d-7139881/7-beasiswa-prioritas-lpdp-gandeng-kampus-top-dunia[Diakses pada 19 Januari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin