Kamu Mau Lolos LPDP? Stop Lakuin Beberapa Hal Ini!

·

·

Halo Sobat Beasiswa! Pejuang LPDP garis keras ramein kolom komentar, dong! Kamu pasti tahu bahwa beasiswa LPDP selalu memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kalau kamu mau lolos dari proses penyeleksian, yang perlu kamu perhatikan nggak hanya persyaratan akademik aja. Tapi juga ada beberapa aspek lain yang perlu kamu perhatikan, jangan sampai ada hal-hal yang seharusnya kamu hindari selama proses penyeleksian malah kamu lakukan. Kamu pasti akan tersisihkan. Mau tahu apa aja yang nggak boleh kamu lakukan? Ini dia hal yang harus kamu hindari kalau mau daftar dan lolos LPDP!

Kamu Mau Lolos LPDP? Stop Lakuin Beberapa Hal Ini!

1. Jangan Terlalu Banyak Memberikan Informasi Pribadi

Perkenalkan diri kamu dengan sewajarnya saja. Akan lebih baik jika kamu berfokus pada pendidikan dan apa tujuanmu dalam berkuliah di universitas pilihanmu. Jangan terlalu membeberkan informasi pribadi yang berlebihan dan dirasa tidak ada hubungannya dengan pendidikan.

2. Jangan Menggunakan Alasan yang Bersifat terlalu Pribadi

Kalau kamu ditanya mengenai alasan memilih universitas, jangan melebih-lebihkan kampus tanpa data yang valid. Kamu perlu melakukan riset terlbih dulu mengenai universitas yang kamu pilih. Jadi kamu bisa mengetahui apa saja kelebihan yang membuatmu memilih untuk mendaftar di sana, dan tidak asal pilih.

3. Jangan Ngejelekin Negara Sendiri

Selama sesi wawancara jangan pernah menjelekkan atau bahkan membandingkan negara asalmu dengan negara tujuan.

4. Jangan Menjawab dengan Jawaban yang Dangkal

Usahakan untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang dilengkapi dengan data yang valid dan tidak asa-asalan atau jawaban dangkal. Ini alasannya kenapa kamu perlu melakukan riset universitas tujuan terlebih dulu, supaya kamu tidak memberikan jawaban yang seadanya tanpa data pendukung yang valid.

5. Jangan Berfokus di Uang

Jangan pernah menjawab pertanyaan hanya untuk mendapat uang, ini sangat fatal jika kamu lakukan. Kamu perlu menyediakan jawaban yang berkaitan dengan skill dan informasi yang kamu miliki.

6. Jangan Terlalu Menyombongkan Diri

Jangan melewati batas percaya diri, karena kamu akan terlihat angkuh meski punya banyak prestasi. Jawablah pertanyaan dengan tidak menyangkut pautkannya dengan prestasi.

7. Jangan Berfokus Pada Tujuan Pribadi

Ini adalah beasiswa LPDP, jangan sampai fokus dan tujuanmu hanya bersifat pribadi dan tidak ada sedikitpun yang bisa kamu kontribusikan untuk Indonesia dari segi apapun.

 

Referensi :

Darmawan, R. (2022). Ingin Lolos Beasiswa LPDP, 7 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Wawancara. Online. https://edukasi.sindonews.com/read/823851/213/ingin-lolos-beasiswa-lpdp-7-kesalahan-ini-harus-dihindari-saat-wawancara-1657548438[Diakses pada 17 Januari 2024]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Tanya Admin